RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI (enam) /1 (satu)
Hari/Tanggal : kamis/ 1 mei 2014
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
STANDAR KOMPETENSI
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1.
Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
KOMPETENSI DASAR
1.2 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan ( kaktus, tumbuhan
pemakan serangga) denga lingkungan hidupnya.
INDIKATOR
Kognitif:
1.2.1. Menyebutkan
tumbuhan yang memiliki ciri –ciri khusus. (C1)
1.2.2. Menjelaskan ciri-ciri tumbuhan
kaktus dan tumbuhan pemakan serangga. (C1)
1.2.3. Menjelaskan cara hidup tumbuhan
kaktus dan pemakan serangga. (C2)
1.2.4. Mencontohkan tumbuhan pemakan
serangga (C2)
1.2.5 Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan
lingkungan hidupnya.(C4)
Afektif:
1.2.6.
Mengikuti
kegiatan diskusi kelompok membahas ciri-ciri khusus tumbuhan. (C1)
1.2.7.
Menyatakan
pendapat ketika membahas mengenai ciri-ciri khusus tumbuhan (A4).
Psikomotor:
1.2.8.
Membuat peta
konsep tentang ciri-ciri khusus makhluk hidup. (P2)
I. PENGEMBANGAN INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN:
Kognitif:
1.
Melalui kegiatan mengamati gambar tumbuhan serta
tanya jawab, siswa mampu menyebutkan 2 contoh tumbuhan yang memiliki ciri-ciri
khusus dengan tepat.
2. Melalui
kegiatan mengamati gambar tumbuhan kaktus, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri
tumbuhan kaktus dengan tepat.
3. Melalui
kegiatan mengamati gambar tumbuhan pemakan serangga, siswa dapat menjelaskan
ciri-ciri tumbuhan pemakan serangga dengan tepat
4.
Melalui kegiatan membaca siswa mampu menjelaskan
cara hidup tumbuhan kaktus dengan
tepat
5.
Melalui kegiatan membaca siswa mampu menjelaskan
cara hidup tumbuhan pemakan serangga dengan
tepat
6.
Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menyebutkan
dua contoh tumbuhan pemakan serangga dengan tepat.
7.
Melalui kegiatan membaca, siswa dapat mengaitkan antara
ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya. dengan tepat.
Afektif:
1. Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat
menyatakan pendapat ketika membahas mengenai ciri-ciri khusus tumbuhan dengan
baik.
2. Dengan disediakan Lembar Kegiatan Siswa, siswa
dapat mengikuti kegiatan diskusi kelompok membahas ciri-ciri khusus tumbuhan dengan
lingkungan hidupnya dengan baik
Psikomotor:
1.
Melalui
kegiatan pembelajaran, siswa dapat membuat peta konsep ciri-ciri khusus
tumbuhan dengan baik.
II. MATERI POKOK
Ciri-ciri khusus tumbuhan
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Langkah Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Kelas
|
Waktu
|
||
1.
|
Kegiatan Awal:
· Salam dan do’a
· Presensi dan penertiban
· Apersepsi: guru menunjukkan tumbuhan kaktus. “anak-anak, ibu
punya sebuah tumbuhan, kalian pernah lihat tumbuhan ini apa tidak? Dimanakah
kalian melihatnya? Bagaimana bentuknya?”.
· Informasi Materi: “iya,
anak-anak ini adalah tumbuhan kaktus, yang memiliki bentuk batang berbeda
dari yang lain.
· Informasi Tujuan: “Hari
ini kita akan mempelajari tentang ciri khusus tumbuhan”.
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
± 10 menit
|
3.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
· Siswa mengamati gambar tumbuhan kaktus dan
tumbuhan pemakan serangga yang telah ditempelkan di papan tulis/ ditayangkan
melalui LCD sambil bertanya jawab
· Siswa membaca informasi mengenai ciri-ciri
khusus tumbuhan.
Elaborasi:
· Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok tiap
kelompok beranggota 4 orang
· Siswa menganalisis gambar-gambar yang telah
diberikan dan hasil diskusi dicatat pada LKS
· Tiap kelompok membuat
peta konsep tentang macam tumbuhan berdasarkan ciri khususnya.
· Tiap kelompok diberi kesempatan
membacakan hasil diskusinya
Konfirmasi:
· Guru memberikan masukan dari hasil kerja
kelompok
· Memberikan penguatan
pada kelompok terbaik
|
Individu
Individu
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Klasikal
Klasikal
|
± 45 menit
|
4.
|
Kegiatan Akhir
· Simpulan : guru menyampaikan kesimpulan dari proses
pembelajaran
· Evaluasi : siswa mengerjakan soal evaluasi untuk mengukur
keberhasilan belajarnya
·
Refleksi : Siswa bersama guru mengungkapkan kesan belajar saat itu dan saran untuk pembelajaran berikutnya.
·
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas secara individu yang akan
dikerjakannya di rumah
· Do’a
· Salam penutup
|
Klasikal
Individu
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
± 15 menit
|
|
IV. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN:
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode diskusi kelompok
4. Metode presentasi
MODEL PEMBELAJARAN :
“Examples non examples”
V. MEDIA/ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
MEDIA/ALAT :
-
Gambar tumbuhan berdasarkan ciri khususnya
-
Contoh bunga
kaktus
SUMBER :
o
Rositawaty,S dkk. 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas VI. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
VII. PENILAIAN
a. Prosedur :
Dilaksanakan pada akhir
pembelajaran
b. Jenis Penilaian : Tulis dan Produk
c. Bentuk Penilaian: Subyektif
d. Alat Penilaian : Soal Evaluasi, kunci jawaban, dan
rubrik penilaian produk
Mengetahui
Kepala Sekolah
NIP......................................
|
Guru Kelas IV
NIP................................
|
LAMPIRAN:
·
RANGKUMAN MATERI
·
LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
·
SOAL, KUNCI JAWABAN, PEDOMAN
PENSKORAN
·
LEMBAR PENGAMATAN
·
RUBRIK PENILAIAN
RPP ini hanya tampilan sekilas
Untuk RPP Versi Lengkapnya bisa di download di link berikut ini Dokumen RPP
Gunakan dengan bijak dan Semoga bermanfaat !
lampiran nya mana kak
ReplyDelete