RPP IPA SD Kelas 6 Semester 1 SK.1 KD.1.2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : VI (enam) /1 (satu)
Hari/Tanggal               : kamis/ 1 mei 2014
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit


STANDAR KOMPETENSI
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.           Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

KOMPETENSI DASAR    
1.2      Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan ( kaktus, tumbuhan pemakan serangga) denga lingkungan hidupnya.


INDIKATOR                                   
Kognitif:
1.2.1. Menyebutkan tumbuhan yang memiliki ciri –ciri khusus. (C1)
1.2.2. Menjelaskan ciri-ciri tumbuhan kaktus dan tumbuhan pemakan serangga. (C1)
1.2.3. Menjelaskan cara hidup tumbuhan kaktus dan pemakan serangga. (C2)
1.2.4. Mencontohkan tumbuhan pemakan serangga (C2)
1.2.5 Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.(C4)
Afektif:
1.2.6.      Mengikuti kegiatan diskusi kelompok membahas ciri-ciri khusus tumbuhan. (C1)
1.2.7.      Menyatakan pendapat ketika membahas mengenai ciri-ciri khusus tumbuhan (A4).
Psikomotor:
1.2.8.      Membuat peta konsep tentang ciri-ciri khusus makhluk hidup. (P2)

I. PENGEMBANGAN INDIKATOR/TUJUAN PEMBELAJARAN:
Kognitif:
1.      Melalui kegiatan mengamati gambar tumbuhan serta tanya jawab, siswa mampu menyebutkan 2 contoh tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus dengan tepat.
2.      Melalui kegiatan mengamati gambar tumbuhan kaktus, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri tumbuhan kaktus dengan tepat.
3.      Melalui kegiatan mengamati gambar tumbuhan pemakan serangga, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri tumbuhan pemakan serangga dengan tepat
4.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu menjelaskan cara hidup tumbuhan kaktus dengan tepat
5.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu menjelaskan cara hidup tumbuhan pemakan serangga dengan tepat
6.      Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menyebutkan dua contoh tumbuhan pemakan serangga dengan tepat.
7.      Melalui kegiatan membaca, siswa dapat mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya. dengan tepat.
Afektif:
1.      Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat menyatakan pendapat ketika membahas mengenai ciri-ciri khusus tumbuhan dengan baik.
2.      Dengan disediakan Lembar Kegiatan Siswa, siswa dapat mengikuti kegiatan diskusi kelompok membahas ciri-ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya dengan baik
Psikomotor:
1.      Melalui kegiatan pembelajaran, siswa dapat membuat peta konsep ciri-ciri khusus tumbuhan dengan baik.
II. MATERI POKOK
Ciri-ciri khusus tumbuhan

III.  LANGKAH PEMBELAJARAN

No.
Langkah Kegiatan
Pengorganisasian
Kelas
Waktu
1.

Kegiatan Awal:
·      Salam dan do’a
·      Presensi dan penertiban
·   Apersepsi: guru menunjukkan tumbuhan kaktus. “anak-anak, ibu punya sebuah tumbuhan, kalian pernah lihat tumbuhan ini apa tidak? Dimanakah kalian melihatnya? Bagaimana bentuknya?”.
·   Informasi Materi: “iya, anak-anak ini adalah tumbuhan kaktus, yang memiliki bentuk batang berbeda dari yang lain.
·   Informasi Tujuan: “Hari ini kita akan mempelajari tentang ciri khusus tumbuhan”.

Klasikal
Klasikal

Klasikal




Klasikal


Klasikal

± 10 menit
3.
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
·      Siswa mengamati gambar tumbuhan kaktus dan tumbuhan pemakan serangga yang telah ditempelkan di papan tulis/ ditayangkan melalui LCD sambil bertanya jawab
·      Siswa membaca informasi mengenai ciri-ciri khusus tumbuhan.
Elaborasi:
·      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelompok beranggota 4 orang
·      Siswa menganalisis gambar-gambar yang telah diberikan dan hasil diskusi dicatat pada LKS
·      Tiap kelompok membuat peta konsep tentang macam tumbuhan berdasarkan ciri khususnya.
·      Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
 Konfirmasi:
·      Guru memberikan masukan dari hasil kerja kelompok
·      Memberikan penguatan pada kelompok terbaik


Individu



Individu


Kelompok

Kelompok

Kelompok

Kelompok


Klasikal

Klasikal


± 45 menit
4.
Kegiatan Akhir
·   Simpulan   : guru menyampaikan kesimpulan dari proses pembelajaran
·   Evaluasi     : siswa mengerjakan soal evaluasi untuk mengukur keberhasilan belajarnya
·      Refleksi   : Siswa bersama guru mengungkapkan kesan belajar saat itu dan saran untuk pembelajaran berikutnya.
·    Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas secara individu yang akan dikerjakannya di rumah
·   Do’a
·   Salam penutup


Klasikal

Individu

Klasikal


Klasikal

Klasikal
Klasikal

± 15 menit


IV. METODE DAN MODEL  PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN:
1.      Metode ceramah
2.      Metode tanya jawab                          
3.      Metode diskusi kelompok
4.      Metode presentasi

MODEL PEMBELAJARAN  :
“Examples non examples”

V. MEDIA/ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
MEDIA/ALAT                :
-          Gambar tumbuhan berdasarkan ciri khususnya
-          Contoh bunga kaktus
SUMBER                                   :
o   Rositawaty,S dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

VII. PENILAIAN
a. Prosedur                        : Dilaksanakan pada akhir pembelajaran
b. Jenis Penilaian   : Tulis dan Produk
c. Bentuk Penilaian: Subyektif
d. Alat Penilaian   : Soal Evaluasi, kunci jawaban, dan rubrik penilaian produk


Mengetahui
Kepala Sekolah




NIP......................................

Guru Kelas IV




NIP................................

LAMPIRAN:
·         RANGKUMAN MATERI
·         LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
·         SOAL, KUNCI JAWABAN, PEDOMAN PENSKORAN
·         LEMBAR PENGAMATAN
·         RUBRIK PENILAIAN

RPP ini hanya tampilan sekilas
Untuk RPP Versi Lengkapnya bisa di download di link berikut ini Dokumen RPP
Gunakan dengan bijak dan Semoga bermanfaat !

1 comment: