Touring ? , menurut ane bukan sekedar hobi,
lebih ke refreshing menghilangkan beban-beban pikiran yang mengganjal. Mungkin bagi
sebagian orang touring merupakan sebuah acara yang menghabiskan duit tanpa
tujuan, tapi bagi ane touring itu bagaikan sebuah perjalanan hidup, berangkat
dari rumah dan pulang kembali ke rumah, dimana apa yang kita dapat tergantung
apa yang kita perbuat selama perjalanan.
Ada beberapa tips Touring Safety Riding
kutipan dari sumber yang kadang bisa dipercaya dan kadang juga nggak :D, Apa
saja tips’nya? Lets Cekidot...
1. Persiapkan kondisi fisik, mental dan
finansial (sesuai budget masing2) hehehehe. Tidur cukup sehari sebelum
perjalanan yah mas broo.. (^__^)
2. Persiapkan (Service) kondisi mesin / kendaraan
kita. Sekurang-kurangnya 1 (satu) minggu harus sudah servis (dan ganti oli).
3. Jangan lupa untuk mempersiapkan spareparts
cadangan yang antara lain: kabel kopling, kabel gas, bohlam lampu depan, busi
standar, ban dalam (kecuali tubeless), pin penyambung rantai, dan sikring 15
Ampere (kalo bisa agak banyak dan jangan beli yang murahan) dan jas hujan
(jangan yang ponco yah).
4. Biasanya tool kit standar yang diperlukan:
obeng plus dan minus, tang, kunci 10, 12, 14, 17, 19, dan kunci busi). Kalo ada
lebih yah ga apa2 selama tidak memberatkan.
5. HINDARI penggunaan aksesoris tambahan yang
justru akan menjadi beban dalam perjalanan jarak jauh.
Contoh: Kalian tau motor Gokur? Saat Jambore
nanti, Gokur tidak akan membawa Delta Box dan Cover Engine. Mohon maaf, tapi
box dengan merek Core/Korea Motor sebaiknya ditinggal saja. Untuk menyimpan
barang, Gokur mengunakan Tas Ransel.
6. Bawalah barang-barang/perlengkapan secukupnya
sampai perjalan pulang . Barang-barang/perlengkapan yang terlalu berat akan
mempersulit pengendara selama perjalanan.
7. JANGAN LUPA melakukan DOA BERSAMA klotur
sebelum keberangkatan.
8. HATI-HATI dengan TRUK (yang membawa muatan)
TANAH (MITOLOGI).
9. Di PANTURA, biasanya truk yang berjalan PELAN
ada di sebelah KANAN. Jadi ada kebiasaan/kecenderungan untuk menyalip dari
sebelah KIRI.
10. Apabila Road Captain menyalip dari sebelah
KANAN, JANGAN ada yang menyalip dari sebelah KIRI (dan begitu pula sebaliknya),
apabila RC menyalip dari KIRI, JANGAN ada yang menyalip dari sebelah KANAN.
11. PERCAYALAH pada rekan sesama anggota Klotur.
SUSAH maupun SENANG dibagi bersama-sama. JANGAN PERNAH egois dan meninggalkan
Klotur anda.
12. Bila terjadi troubleshooting atau perampokan
atau kecelakaan, sesama anggota klotur yang lain harus memberitahukan seluruh
anggota klotur dengan MENGKLAKSON PANJANG.
13. Apabila merasa NGANTUK, LELAH atau LAPAR
segera memberitahukan rekan-rekan Klotur lain. Pemberitahuan dilakukan dengan
MENGKLAKSON PANJANG.
Note: Biasanya sih, kalo ngantuk ane akan
bernyanyi sendirian.. untuk mengatasi rasa bosan selama perjalanan.. heheheh
14. Pada saat MAKAN, JANGAN mengkonsumsi TERLALU
BANYAK. Agar tidak menimbulkan rasa KANTUK atau sakit perut.
15. AIR PUTIH + vitamin / supplemen, merupakan
minuman yang paling efektif ketika berkendara jarak jauh. Entah kenapa kopi
(kafein) kurang efektif (IMHO). Apabila ada yang memerlukan obat2an khusus,
persiapkan cadangan obat khusus anda dan beritahu kepada sesama rekan klotur
yang lain atas hal tersebut.
16. Isilah BENSIN secara bersama-sama dengan
anggota klotur yang lain. Usahakan bensin minimal kondisi setengah tangki
(50%), begitu sudah sampai di titik tersebut langsung mengisi ulang di pom
bensin terdekat.
17. Komunikasi antara Klotur atau dengan Pengurus
Chapter biasanya dilakukan dengan SMS. Apabila upaya menghubungi tidak bisa
atau sms belum/tidak terkirim, maka harap bersabar karena ada daerah-daerah
yang signalnya belum/kurang bagus.
No comments:
Post a Comment